PENENTUAN AWAL PUASA


Nahdlatul Ulama (NU) baru akan melakukan rukyat (pengamatan) untuk menentukan awal bulan Ramadan pada Rabu 10 Agustus nanti. Sedangkan Muhammadiyah dengan menggunakan metode hisab (perhitungan astronomi) sudah menyatakan mengawali puasa pada 11 Agustus 2010. NU menyatakan setuju.

“Secara hitungan hisab itu hari Rabu (11 Agustus 2010). NU juga setuju,” kata Ketua Umum Pengurus Besar NU Said Aqil Siradj dalam perbincangan dengan VIVAnews, Senin 9 Agustus 2010.

Tetapi, kata Said Aqil, keputusan PBNU untuk menetapkan hari pertama puasa baru akan ditentukan Selasa 10 Agustus 2010, besok. Meski setuju dengan keputusan Muhammadiyah, NU belum bisa mengeluarkan ketetapan.

“Tim NU akan melakukan pengamatan dari berbaga titik. Ada petugas di Aceh, Bekasi, Kudus, Madura, dan Jepara,” ujar Said Aqil.

NU tidak mempermasalahkan sekalipun kembali ada perbedaan dengan Muhammadiyah. Potensi perbedaan itu kemungkinan tetap ada.

“Muhammadiyah itu juga benar menggunakan hisab. Sedangkan NU dengan metode rukyat juga tidak masalah,” kata Said. Maka itu, NU tidak bisa memprediksi apakah awal puasa akan dimulai tanggal 10 atau 11 Agustus 2010.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan maklumat penetapan 1 Ramadan jatuh pada 11 Agustus 2010. Penetapan ini sesuai dengan perhitungan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majlis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Ijtimak menjelang Ramadhan 1431 H terjadi pada Selasa 10 Agustus 2010, tinggi hilal pada saat mahatahari terbenam 2 derajat,” kata Ketua PP Muhammadiyah Abdul Fatah Wibisono, di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Senin 19 Juli 2010 lalu. (umi)

“Secara hitungan hisab itu hari Rabu (11 Agustus 2010). NU juga setuju.”

SUMBER :http://www.lihatberita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s